Kamis, 11 November 2010

Macam – Macam Organisasi dan Tujuannya

TEORI ORGANISASI PERTEMUAN KE 4
NAMA : QORI ISTIQOMAH
NPM : 16109484
KELAS : 2KA16


Macam – Macam Organisasi dan Tujuannya

Ada beberapa macam organisasi dan tujuannya, setiap organisasi pasti memiliki tujuan yang berbeda sesuai dengan organisasi yang didirikan.
Berikut pengertian, tujuan beserta contoh :



1. Organisasi Niaga

Organisasi niaga adalah organisasi yang bertujuan untuk mencari keuntungan, ada beberapa contoh organisasi niaga yaitu :
Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan Komanditer (CV)
Firma (FA)
Joint Ventura
Kartel
Holding Company

a. Perseroan Terbatas (PT)
Adalah suatu perusahaan yang modal dan sahamnya terdiri dari saham milik pribadi dan sebagian dari pihak lain atau asing.

b. Perseroan Komanditer (CV)
Adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

c. Firma (FA)
Adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.

d. Joint Ventura
Adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Pihak-pihak itu setuju untuk berkelompok dengan menyumbang keadilan kepemilikan, dan kemudian saham dalam penerimaan, biaya , dan kontrol perusahaan. Perusahaan ini hanya dapat untuk proyek khusus.
Adalah perusahaan yang menjadi perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam satu grup perusahaan.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang biasanya dibentuk oleh masyarakat itu sendiri, salah satunya adalah organisasi kepemudaan atau yang lebih kita kenal dengan “Karang Taruna”.
Pada organisas ini biasanya terdiri dari pemuda – pemuda, yang dipimpin dan dibimbing oleh sesepuh atau tokoh masyarakat seperti ketua RT, RW atau bahkan dari kelurahan dan kecamatan.

3. Organisasi Regional dan Internasional
Organisasi regional adalah organisasi yang ruang lingupnya lebih luas, namun hanya wilayah – wilayah Negara tertentu saja yang terlibat didalam oganisasi ini. Berbeda dengan Organisasi Internasional, organisasi ini memiliki ruang linkup lebih besar daripada Organisasi Regional, Organisasi Internasional wilayah yag terlibat didalamnya mencakup seluruh Negara di dunia.
Contoh organisasi regional adalah ASEAN, karena pada organisasi ini hanya untuk negara - negara yang berada di Asia Tenggara saja. Sedangkan organisasi Internasional adalah PBB, karena organisasi ini bersifat terbuka untuk seluruh negara - negara di dunia..

1 komentar: